A. Definisi
Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari
bahasa Yunani Kuno: Psychē yang berarti jiwa dan logia atau logos
yang artinya ilmu, sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan
sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Akan tetapi, karena sifat jiwa yang
abstrak, maka Psikologi tidak dapat mempelajari jiwa itu secara langsung, melainkan
membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa tersebut dalam bentuk
gejala-gejala dan aktivitas-aktivitas kejiwaan yang diekpresikan atau
termanifestasikan dalam bentuk tingkah laku, baik itu tingkah laku yang
tersembunyi ataupun yang terlihat, baik selaku individu ataupun kelompok dalam
hubungannya dengan lingkungannya.
Banyak pengertian psikologi
yang dikemukan para ahli yang masing-masing menekankan pada sudut pandang
tersendiri. Perbedaan ini terjadi disebabkan metode maupun pendekatan yang
digunakan para ahli tersebut berbeda dalam melihat permasalahan dari psikologi
itu sendiri. Berikut definisi psikologi dari beberapa tokoh:
1.
Wilhelm Wundt: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kesaradan
Manusia
2. Woodworth dan Marquis: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku
manusia, yang terlihat maupun yang tidak telihat meliputi aktivitas fisik,
emosional, dan berpikir.
3.
Fieldman: Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari
tentang perilaku dan proses mental.
4.
Clifford T. Morgan: Psikologi adalah ilmu
pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan hewan.
5.
Gardner Murphy: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons
yang diberikan oleh makhluk hidup
terhadap lingkungannya.
6. Kamus Psikologi (Chaplin): psikologi sebagai suatu ilmu pengetahuan adalah ilmu mengenai
tingkah laku manusia dan binatang; studi mengenai organisme dalam segala
variasi dan kompleksitasnya, untuk bereaksi terhadap perubahan yang terus
menerus dan aliran dari kejadian-kejadian fisik/ragawi dan peristiwa-peristiwa
sosial yang menyusun lingkungannya.
7.
Crow & Crow : Pschycology is the study of human behavior
and human relationship.
(Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: lingkungan, hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.
(Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: lingkungan, hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.
8. Sartain : Psychology is the scientific study of the behavior of living organism,
with especial attention given to human behavior. (Psikologi adalah ilmu
yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku
manusia).
9. Bruno
: Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga
bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “ruh”.
Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Ketiga,
psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.
10.
Richard
Mayer : Psikologi
merupakan analisi mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami
perilaku manusia
11. James,W.
: Psychology is the science of
mental life, both of its phenomena, and of their condition. Psikologi
adalah ilmu yang mempelajari mental atau pikiran, yang berupa phenomena-penomena
dan kondisi-kondisi yang mempengaruhinya.
Berdasarkan berbagai pengertian
diatas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa Psikologi adalah ilmu
pengetahuan yang menyelidiki dan membahas gejala-gejala dan aktivitas-aktivitas
kejiwaan manusia yang berwujud tingkah laku, baik itu tingkah laku yang
terlihat dan tersembunyi pada manusia, baik selaku individu maupun kelompok,
dalam hubungannya dengan lingkungan.
Sementara itu education atau pendidikan adalah proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan. Atau pendidikan juga dapat
diartikan sebagi suatu tahap kegiatan yang bersifat kelembagaan (seperti
sekolah) yang dipergunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam
menguasai pengetahuan, kebiasaan, sikap dan sebagainya.
Selanjutnya, Barlow mendefiniskan
Psikologi Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan berdasarkan riset
psikologi yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu guru dalam
melaksanakan tugas-tugasnya untuk mencapai proses belajar mengajar yang lebih
efektif. Sementara itu Witherington mengartikan Psikologi Pendidikan sebagai
studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan
dengan pendidikan manusia.
Dengan merujuk pengertian-pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa
Psikologi Pendidikan merupakan salah satu cabang psikologi yang secara
khusus mengkaji perilaku individu dalam konteks situasi pendidikan dengan
tujuan untuk menemukan berbagai fakta, generalisasi dan teori-teori psikologi
berkaitan dengan pendidikan, yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu,
dalam rangka pencapaian efektivitas proses pendidikan.
B.
Ruang
Lingkup
Secara umum yang menjadi ruang lingkup
Psikologi Pendidikan adalah :
1. Peserta
didik, proses belajar, dan situasi
belajar.
2. Mencakup
semua penerapan prinsip-prinsip psikologis dalam proses pendidikan dan
pembelajaran peserta didik di kelas, di berbagai institusi pendidikan, baik di
lembaga pendidikan formal (di lingkungan sekolah), non formal (di lingkungan
masyarakat), dan informal (di lingkungan keluarga).
Sedangkan menurut Good &
Broopy (1997), ruang lingkup psikologi pendidikan meliputi :
1. Psikologi perkembangan, merupakan bidang studi psikologi yang mempelajari
perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk prilaku seseorang sejak
lahir sampai lanjut usia. Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam
konteks adanya interaksi sosial. Dan juga
berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena perkembangan individu dapat membentuk kepribadian khas dari individu
tersebut.
2. Psikologi
sosial, bidang ini
mempunyai 3 ruang lingkup, yaitu :
- studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya : studi tentang persepsi, motivasi proses belajar, atribusi (sifat).
- studi tentang proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikap sosial, perilaku meniru dan lain-lain.
- studi tentang interaksi kelompok, misalnya kepemimpinan, komunikasi hubungan kekuasaan, kerjasama dalam kelompok, dan persaingan.
3. Psikologi kepribadian, adalah bidang studi psikologi yang
mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri
dengan lingkungannya, psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi
perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak
masih kecil dan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial
dengan lingkungannya.
Pak apa Tugas Mahasiswa UM Kampus 3 Kapuas Kelompok II Kelas A dgn anggota :
BalasHapus1. Nurhidayah
2. Sakinah
3. Isda Rahayu
4. Lisna Asyarah
5. Estu Irene
6. Triani
7. Herlita
pak,,
BalasHapusapa tuagas buat kelompok-kelompok yang telah tersediakan ini
KELOMPOK 1
1. DESY SUPRIATINI
2. NOR ANNISA
3. ANI LARASATI
4. ALPRIYANA
5. NURIWATI
KELOMPOK 2
1. LISNA ASYARAH
2. ESTU IRENE
3. NURHIDAYAH
4. SAKINAH
5. ISDA RAHAYU
6. TRIANI
7. HERLITA
KELOMPOK 3
1. DEWI ARY SUSANTI
2. MERRY CHRISTINA
3. NIKITA DEWI
4. NURUL RAMADHANI
5. RIANA FEBRELLA LELONO
6. TETY FITRIA
KELOMPOK 4
1. ALI RIDHA
2. DONY ANSYARI
3. KADARUDIN
4. IMELDA SUSANTI
5. SRI REZKIAH
KELOMPOK 5
1. RIKI SUPRIANTO
2. I PUTU EKA SETIAWAN
3. ROY MELIANTO
4. I MADE JASMITA
KELOMPOK 6
1. REZA AL RAZAQ
2. AHMAD HUSAINI
3. I MADE ARNE
4. ERNAWATI
5. NGASIMAH
6. FUJI UNTARI
pak nih saya dony ansyari dari UMP kampus 3 kuala kapuas
BalasHapussaya dari kelas A
menurut saya bahan yang bapa sediakan untuk kami sangat membantu kami dalam pembelajaran......
Sore Pak, Saya Maria Dwi K dari Kelompok IV semester I UMP PLK Prodi PGSD, berdasarkan pengertian dari beberapa ahli tersebut mengapa terjadi beberapa pengertian dari Ilmu Psikologi tersebut, apakah ada dari salah satu tokoh tersebut yang menjadi dasar atau landasan yang paling sering dipakai untuk pengertian dari Ilmu Psikologi tersebut. Kalau menurut saya yang paling mendekati daari pengertian Ilmu Psikolgi tersebut yang dikemukakan oleh Gardner Murphy: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya, alasannya kita dapat mengetahui respon2 apa saja yang direaksikan oleh makhluk hidup terhadap makhluk hidup lain atau linkungannya terhadap suatu hal, bagaimana menurut Bapak ?
BalasHapusUntuk mahasiwa UM kampus III Kapuas, tema dari tugas makalahnya bisa dilihat di posting berikutnya. Oya, kalau ada yang kurang dimengerti silahkan ditanyakan atau dikonsulkan. ok!
BalasHapusSelamat bekerja dan tetap semangat ya...!!!
Maria Dewi >>> Terjadinya perbedaan pendapat diantara para ahli tentang pengertian psikologi disebabkan para ahli tersebut telah menggunakan metode maupun pendekatan yang berbeda dalam melihat hal-hal yang menjadi permasalahan atau kajian dari psikologi itu sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada satu pendapat yang dominan, melainkan tergantung dengan metode dan pendekatan kita dalam mengkaji dan menyelidiki psikologi itu sendiri sebagai suatu ilmu yang dapat dibuktikan kebenarannya secara empiris. Jadi,tidak ada salahnya kalau Maria lebih mempunyai kecenderungan untuk berpendapat atau mengartikan psikologi sebagaimana yang dikemukakan oleh Gardner Murphy. Semoga keragaman pendapat tersebut tidak menjadikan kita bingung,melainkan dapat lebih memperluas wawasan kita tentang psikologi itu sendiri.
BalasHapusTerima kasih atas pendapatnya dan tetap semangat ya...!!!