Jumat, 23 September 2011

Definisi dan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan


A.    Definisi
             Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: PsychÄ“ yang berarti jiwa dan logia atau logos yang artinya ilmu, sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Akan tetapi, karena sifat jiwa yang abstrak, maka Psikologi tidak dapat mempelajari jiwa itu secara langsung, melainkan membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa tersebut dalam bentuk gejala-gejala dan aktivitas-aktivitas kejiwaan yang diekpresikan atau termanifestasikan dalam bentuk tingkah laku, baik itu tingkah laku yang tersembunyi ataupun yang terlihat, baik selaku individu ataupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungannya.

Banyak pengertian psikologi yang dikemukan para ahli yang masing-masing menekankan pada sudut pandang tersendiri. Perbedaan ini terjadi disebabkan metode maupun pendekatan yang digunakan para ahli tersebut berbeda dalam melihat permasalahan dari psikologi itu sendiri. Berikut definisi psikologi dari beberapa tokoh:
1.      Wilhelm Wundt: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kesaradan Manusia
2.   Woodworth dan Marquis: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, yang terlihat maupun yang tidak telihat meliputi aktivitas fisik, emosional, dan berpikir.
3.      Fieldman: Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental.
4.      Clifford T. Morgan: Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan hewan.
5.      Gardner Murphy: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup  terhadap lingkungannya.
6.    Kamus Psikologi (Chaplin): psikologi sebagai suatu ilmu pengetahuan adalah ilmu mengenai tingkah laku manusia dan binatang; studi mengenai organisme dalam segala variasi dan kompleksitasnya, untuk bereaksi terhadap perubahan yang terus menerus dan aliran dari kejadian-kejadian fisik/ragawi dan peristiwa-peristiwa sosial yang menyusun lingkungannya.
7.      Crow & Crow : Pschycology is the study of human behavior and human relationship.
(Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: lingkungan, hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.
8.  Sartain : Psychology is the scientific study of the behavior of living organism, with especial attention given to human behavior. (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).
9. Bruno : Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “ruh”. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.
10.  Richard Mayer : Psikologi merupakan analisi mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia
11.  James,W. : Psychology is the science of mental life, both of its phenomena, and of their condition. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari mental atau pikiran, yang berupa phenomena-penomena dan kondisi-kondisi yang mempengaruhinya.
Berdasarkan berbagai pengertian diatas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan membahas gejala-gejala dan aktivitas-aktivitas kejiwaan manusia yang berwujud tingkah laku, baik itu tingkah laku yang terlihat dan tersembunyi pada manusia, baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.
Sementara itu education atau pendidikan adalah proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan. Atau pendidikan juga dapat diartikan sebagi suatu tahap kegiatan yang bersifat kelembagaan (seperti sekolah) yang dipergunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan, kebiasaan, sikap dan sebagainya.
Selanjutnya, Barlow mendefiniskan Psikologi Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan berdasarkan riset psikologi yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya untuk mencapai proses belajar mengajar yang lebih efektif. Sementara itu Witherington mengartikan Psikologi Pendidikan sebagai studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.
 Dengan merujuk pengertian-pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Psikologi Pendidikan merupakan salah satu cabang psikologi yang secara khusus mengkaji perilaku individu dalam konteks situasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan berbagai fakta, generalisasi dan teori-teori psikologi berkaitan dengan pendidikan, yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu, dalam rangka pencapaian efektivitas proses pendidikan.

B.     Ruang Lingkup
Secara umum yang menjadi ruang lingkup Psikologi Pendidikan adalah :
1.      Peserta didik, proses belajar, dan situasi  belajar.
2.  Mencakup semua penerapan prinsip-prinsip psikologis dalam proses pendidikan dan pembelajaran peserta didik di kelas, di berbagai institusi pendidikan, baik di lembaga pendidikan formal (di lingkungan sekolah), non formal (di lingkungan masyarakat), dan informal (di lingkungan keluarga).
Sedangkan menurut Good & Broopy (1997), ruang lingkup psikologi pendidikan meliputi :
1.  Psikologi perkembangan, merupakan bidang studi psikologi yang mempelajari perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk prilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia. Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam konteks adanya interaksi sosial. Dan juga berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena perkembangan individu dapat membentuk kepribadian khas dari individu tersebut.
2.      Psikologi sosial, bidang ini mempunyai 3 ruang lingkup, yaitu :
3.   Psikologi kepribadian, adalah bidang studi psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak masih kecil dan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya.
4.     Psikologi kognitif, yaitu bidang studi psikologi yang mempelajari kemampuan kognisi, seperti: Persepsi, proses belajar, kemampuan memori, atensi, kemampuan bahasa dan emosi.

6 komentar:

  1. Pak apa Tugas Mahasiswa UM Kampus 3 Kapuas Kelompok II Kelas A dgn anggota :
    1. Nurhidayah
    2. Sakinah
    3. Isda Rahayu
    4. Lisna Asyarah
    5. Estu Irene
    6. Triani
    7. Herlita

    BalasHapus
  2. pak,,
    apa tuagas buat kelompok-kelompok yang telah tersediakan ini

    KELOMPOK 1
    1. DESY SUPRIATINI
    2. NOR ANNISA
    3. ANI LARASATI
    4. ALPRIYANA
    5. NURIWATI


    KELOMPOK 2
    1. LISNA ASYARAH
    2. ESTU IRENE
    3. NURHIDAYAH
    4. SAKINAH
    5. ISDA RAHAYU
    6. TRIANI
    7. HERLITA

    KELOMPOK 3
    1. DEWI ARY SUSANTI
    2. MERRY CHRISTINA
    3. NIKITA DEWI
    4. NURUL RAMADHANI
    5. RIANA FEBRELLA LELONO
    6. TETY FITRIA

    KELOMPOK 4
    1. ALI RIDHA
    2. DONY ANSYARI
    3. KADARUDIN
    4. IMELDA SUSANTI
    5. SRI REZKIAH

    KELOMPOK 5
    1. RIKI SUPRIANTO
    2. I PUTU EKA SETIAWAN
    3. ROY MELIANTO
    4. I MADE JASMITA


    KELOMPOK 6
    1. REZA AL RAZAQ
    2. AHMAD HUSAINI
    3. I MADE ARNE
    4. ERNAWATI
    5. NGASIMAH
    6. FUJI UNTARI

    BalasHapus
  3. pak nih saya dony ansyari dari UMP kampus 3 kuala kapuas
    saya dari kelas A
    menurut saya bahan yang bapa sediakan untuk kami sangat membantu kami dalam pembelajaran......

    BalasHapus
  4. Sore Pak, Saya Maria Dwi K dari Kelompok IV semester I UMP PLK Prodi PGSD, berdasarkan pengertian dari beberapa ahli tersebut mengapa terjadi beberapa pengertian dari Ilmu Psikologi tersebut, apakah ada dari salah satu tokoh tersebut yang menjadi dasar atau landasan yang paling sering dipakai untuk pengertian dari Ilmu Psikologi tersebut. Kalau menurut saya yang paling mendekati daari pengertian Ilmu Psikolgi tersebut yang dikemukakan oleh Gardner Murphy: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya, alasannya kita dapat mengetahui respon2 apa saja yang direaksikan oleh makhluk hidup terhadap makhluk hidup lain atau linkungannya terhadap suatu hal, bagaimana menurut Bapak ?

    BalasHapus
  5. Untuk mahasiwa UM kampus III Kapuas, tema dari tugas makalahnya bisa dilihat di posting berikutnya. Oya, kalau ada yang kurang dimengerti silahkan ditanyakan atau dikonsulkan. ok!

    Selamat bekerja dan tetap semangat ya...!!!

    BalasHapus
  6. Maria Dewi >>> Terjadinya perbedaan pendapat diantara para ahli tentang pengertian psikologi disebabkan para ahli tersebut telah menggunakan metode maupun pendekatan yang berbeda dalam melihat hal-hal yang menjadi permasalahan atau kajian dari psikologi itu sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada satu pendapat yang dominan, melainkan tergantung dengan metode dan pendekatan kita dalam mengkaji dan menyelidiki psikologi itu sendiri sebagai suatu ilmu yang dapat dibuktikan kebenarannya secara empiris. Jadi,tidak ada salahnya kalau Maria lebih mempunyai kecenderungan untuk berpendapat atau mengartikan psikologi sebagaimana yang dikemukakan oleh Gardner Murphy. Semoga keragaman pendapat tersebut tidak menjadikan kita bingung,melainkan dapat lebih memperluas wawasan kita tentang psikologi itu sendiri.
    Terima kasih atas pendapatnya dan tetap semangat ya...!!!

    BalasHapus