Deskripsi
Mata kuliah :
Dalam mata kuliah ini dibahas definisi, ruang
lingkup dan konsep dasar psikologi pendidikan, konsep dasar dan aktivitas kejiwaan manusia, konsep
dasar perkembangan anak yang meliputi perkembangan psikomotorik, kognitif,
emosi, social, moral dan karakter anak,
perbedaan individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam belajar
yang mencakup intelegensi, bakat, minat,
motivasi, sikap dan kebiasaan belajar serta konsep diri anak. Selanjutnya,
dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang konsep, pendekataan dan teori
belajar yang terdiri dari
behavioral approach, cognitive approach dan socio cultural approach, serta teori
belajar tradisional (Pavlov, Skinner & Throndike) dan teori belajar modern
(Brunner, Ausabel, Gagne, Piaget & Vygotski). Pada bagian akhir dari mata
kuliah ini akan dibahas masalah-masalah perilaku siswa dalam
proses pembelajaran dan cara penanganannya sebagai bentuk aplikasi dari mata
kuliah Psikologi Pendidikan dalam proses belajar mengajar.
Standar Kompetensi :
Setelah mengikuti
mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan memiliki wawasan tentang psikologi
pendidikan dan arti penting psikologi pendidikan,
konsep dasar dan aktivitas kejiwaan manusia, konsep
dasar perkembangan anak, perbedaan individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi
individu dalam belajar, konsep, pendekataan dan teori belajar, masalah-masalah
perilaku siswa dalam proses pembelajaran dan cara penanganannya yang ditinjau
dari sudut pandang psikologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar