Jumat, 23 September 2011

Deskripsi dan Standar Kompetensi Mata kuliah


Deskripsi Mata kuliah :
Dalam mata kuliah ini dibahas definisi, ruang lingkup dan konsep dasar psikologi pendidikan, konsep dasar dan aktivitas kejiwaan manusia, konsep dasar perkembangan anak yang meliputi perkembangan psikomotorik, kognitif, emosi, social,  moral dan karakter anak, perbedaan individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam belajar yang mencakup  intelegensi, bakat, minat, motivasi, sikap dan kebiasaan belajar serta konsep diri anak. Selanjutnya, dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang konsep, pendekataan dan teori belajar yang terdiri dari behavioral approach, cognitive approach dan socio cultural approach, serta teori belajar tradisional (Pavlov, Skinner & Throndike) dan teori belajar modern (Brunner, Ausabel, Gagne, Piaget & Vygotski). Pada bagian akhir dari mata kuliah ini akan dibahas masalah-masalah perilaku siswa dalam proses pembelajaran dan cara penanganannya sebagai bentuk aplikasi dari mata kuliah Psikologi Pendidikan dalam proses belajar mengajar.

Standar Kompetensi :
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan memiliki wawasan tentang psikologi pendidikan dan arti penting psikologi pendidikan, konsep dasar dan aktivitas kejiwaan manusia, konsep dasar perkembangan anak, perbedaan individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam belajar, konsep, pendekataan dan teori belajar, masalah-masalah perilaku siswa dalam proses pembelajaran dan cara penanganannya yang ditinjau dari sudut pandang psikologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar