Jumat, 23 September 2011

Rincian Materi Perkuliahan

Pertemuan 1                : Orientasi perkuliahan, Pengantar, Definisi dan ruang lingkup Psikologi  
                                     Pendidikan
Pertemuan 2                : Konsep Dasar Psikologi Pendidikan
Pertemuan 3-4             : Konsep Dasar Aktivitas kejiwaan Manusia (pengamatan indera, tanggapan, 
                                     perasaan,  kemauan dan perhatian, serta fantasi, ingatan, berfikir dan 
                                     motif-motif manusia).

Pertemuan 5-6             : Konsep Dasar Perkembangan Anak.(Psikomotorik, kognitif, emosi, sosial, moral
                                     dan karakter)
Pertemuan 7-8             : Perbedaan Individu dan Faktor-faktor yang mempengaruhi individu
                                     dalam belajar. (intelegensi, bakat, minat dan motivasi.sikap dan kebiasaan 
                                     belajar serta konsep diri siswa)
Pertemuan 9-12           : Konsep, Pendekatan dan Teori Belajar. (Behavioral approach, Cognitif 
                                     approach, Sociocultural approach, Humanistik approach, teori belajar 
                                     tradisional meliputi teori Pavlov, Skinner & Throndike, dan teori belajar 
                                     modern yang mencakup teori Brunner, Ausabel, Gagne, Piaget & Vygotski).
Pertemuan 13-14         : Masalah-masalah perilaku siswa dalam proses pembelajaran dan cara
                                      menanganinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar